BPP GELAR SIDANG PROPOSAL BERSAMA TPM TERKAIT DAMPAK COVID

 

Pekanbaru – Lagi, kerjasama antara Perguruan Tinggi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kota Pekanbaru dalam bidang penelitian, kali ini adalah Pusat Studi Sosial Humaniora Direktorat Penelitian dan Pengabdian Universitas Islam Riau bekerja sama dengan BPP Kota Pekanbaru terkait penelitian Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Masyarakat Ekonomi Menengah Kebawah di Tinjau Dari Aspek Psikologis, Ekonomi, dan Sosial.  Kegiatan yang diselenggarakan via daring pada Rabu (13/04) adalah Sidang Proposal kerjasama penelitian dengan Tim Pengendali Mutu (TPM).

 

Sebagaimana yang disampaikan oleh Heni Susanti selaku Ketua Tim Peneliti dari DPPM UIR bahwa tujuan dari penelitian ini nantinya adalah 1) untuk memberikan gambaran objektif mengenai dampak positif dan negatif pandemi covid-19 terhadap masyarakat secara mental, ekonomi, dan sosial, 2) merumuskan laporan akhir terkait kajian dampak covid-19 terhadap masyarakat ekonomi kebawah dari aspek psikologis, ekonomi, dan sosial, 3) memberikan rekomendasi kebijakan untuk menyusun strategi percepatan pengendalian dan pemulihan dampak pandemi covid-19 baik untuk Pekanbaru maupun lingkup yang lebih luas.

 

Terkait metoda penelitian yang digunakan, penelitian ini menggunakan metoda kuantitatif dengan pendekatan survey  kepada masyarakat Pekanbaru yang terdampak pandemi covid-19.  Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan instrumen questionnaire.  Kemudian data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif, korelasi dan annova, sebagaimana yang dijelaskan oleh Heni.

 

Kepala BPP Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Sekretaris BPP H. Zubir dalam sambutan sekaligus arahannya menyampaikan semoga penelitian ini dapat digunakan untuk mengambil langkah dalam mengambil keputusan dan kebijakan bagi Pemerintah Kota Pekanbaru terhadap penanggulangan dampak pandemi covid-19.

 

Dalam sidang proposal yang dilaksanakan secara daring ini bertindak sebagai moderator adalah Kepala Bidang Sosial Ekonomi dan Pemerintahan Erwinsyah. Sidang proposal ini dihadiri oleh tim peneliti dari DPPM UIR, Jajaran Kepala Bidang BPP beserta fungsional, peneliti dan perekayasa BPP, M. Ikhsan, Febri Yuliani dan Dedi Afandi dari Tim Pengendali Mutu Pemko Pekanbaru.

 

Terkait dengan saran yang diberikan oleh TPM, secara keseluruhan berkenan dengan penulisan naskah akademis, seperti penulisan bagian pendahuluan harus lebih diperdalam, kelengkapan data yang disajikan dalam latar belakang, rumusan masalah harus disesuaikan dengan tujuan penelitian, sinkronisasi tinjauan Pustaka dengan teori. ***MA.

BPP Pekanbaru