BPP Pekanbaru Helat Webinar Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah dan Peran Pemerintah dalam Membangun Ekosistem Inovasi

Pekanbaru- Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru melaksanakan Web Seminar dengan tema Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah (IID) dan Peran Pemerintah dalam Membangun Ekosistem Inovasi pada hari Rabu, 08 Juli 2020 di Ruang Rapat MPP. 

Pekanbaru- Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru melaksanakan Web Seminar dengan tema Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah (IID) dan Peran Pemerintah dalam Membangun Ekosistem Inovasi pada hari Rabu, 08 Juli 2020 di Ruang Rapat MPP. Acara menghadirkan Narasumber nasional dari Kemendagri yakni Bapak Dr. Ahmad Fatony, Kepala Divisi Advisory Bidang Perekonomian Bank Indonesia Provinsi Riau, dan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, ST., MT yang juga didapuk menjadi narasumber utama dalam pelaksanaan kegiatan ini.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi, S.STP., M.Si menyampaikan kegembiraannya, bahwa Webinar ini dapat terlaksana sukses, serta diapresiasi oleh berbagai pihak baik secara lokal dan nasional.
“Kami sangat berbahagia dan apresiasi seluruh pihak yang telah membantu rangkaian acara webinar ini hingga terlaksana sukses. Terdapat sedikitnya 117 peserta zoom yang hadir, mereka terdiri dari OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru, BPP Kota Medan, Organisasi Kreatif Pekanbaru, Inkubator Bisnis Komunitas Masyarakat Inovatif Pekanbaru, DILO, BUMD, Perusahaan Swasta, serta juga diikuti oleh Para Staf Ahli dilingkungan Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru.” Terangnya.
Lebih lanjut menurut Kaban BPP ini, “Pelaksanaan webinar ini adalah salah satu kegiatan Klik BPP (Klinik Inovasi dan Kelitbangan) yang baru digagas oleh BPP melaui Bidang Inovasi dan Teknologi. KLIK BPP adalah sebuah wadah untuk membangun ekosistem inovasi dengan cara Menumbuhkan ide inovasi OPD, memastikan keberlanjutan inovasi, menciptakan budaya inovasi di kota Pekanbaru, Menjadikan riset/kelitbangan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan/program pembangunan. Selanjutnya KLIK BPP akan terus melaksanakan kegiatan seperti ini dengan narasumber dari inovator, pakar, akademisi dan OPD inovatif di Pekanbaru.” Lugasnya.
Adapun tujuan dilaksanakannya Webinar ini adalah untuk mensosialisasikan tentang penilaian Indeks Inovasi Daerah dan penghargaan IGA 2020, mendorong OPD agar mendokumentasikan setiap inovasi yang telah dilaksanakan, Sharing bersama Wali kota beserta para pakar tentang menumbuhkan ekosistem inovasi dengan berbagai stake holder.
Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru menyampaikan apresiasinya dan berharap agar kegiatan ini tidak hanya sekedar sharing semata, namun dapat menjadi stimulus bagi pemerintah daerah mewujudkan masyarakat yang inovatif dalam tiap bidang kehidupan, apalagi dalam situasi pandemic saat ini. Saya berharap, inovasi dapat mensupport berdirinya kebudayaan baru bagi kita dan menggerakkan masyarakat menjadi masyarakat yang aman covid-19.
Selain itu, dalam webinar ini juga dipaparkan mengenai sosialisasi dan pemaparan dari Kepala BPP Kemendagri mengenai pengisian Indeks Inovasi Daerah (IID) dalam menyongsong Innovative Government Award 2020 dan disimak antusias oleh seluruh OPD di Kota Pekanbaru melalui media zoom. (BPP)

BPP Pekanbaru