Terobosan Baru, Mendorong Budaya Inovasi Melalui Layanan Klik BPP

PEKANBARU - Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kota Pekanbaru memiliki layanan publik yang diberi nama Klik BPP (Klinik Layanan Inovasi dan Kelitbangan).

PEKANBARU - Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kota Pekanbaru memiliki layanan publik yang diberi nama Klik BPP (Klinik Layanan Inovasi dan Kelitbangan). Layanan ini untuk memfasilitasi serta memudahkan perangkat daerah serta instansi lainnya serta masyarakat umum dalam melakukan inovasi.

Kepala BPP Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi menyebut, layanan ini diberi nama Klik BPP atau Klinik Layanan Inovasi dan Kelitbangan. Klik BPP ini merupakan sebuah sarana layanan yang dimiliki oleh BPP terkait dengan brainstorming ide inovasi dan kelitbangan, pengembangan inovasi dan kelitbangan serta untuk memotivasi, menginisiasi dan memfasilitasi pengembangan hasil-hasil inovasi dan kelitbangan.

"Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh perangkat daerah, BUMD, dan masyarakat baik secara individu maupun kelompok," kata Masykur Tarmizi, Jumat (3/9/2021).

Hari ini, Tim Klik BPP bekerjasama dengan bagian organisasi Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru mengadakan sharing inovasi di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru yang dihadiri oleh seluruh kepala bagian serta pejabat terkait.

Layanan ini bisa diakses melalui medsos BPP Kota Pekanbaru maupun datang langsung ke Kantor BPP Kota Pekanbaru. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan ide inovasi serta semangat berinovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun pelayanan publik secara keseluruhan.
Pada saat ini Program Klik BPP fokus pada penyusunan Indeks Inovasi Daerah Kota Pekanbaru Tahun 2021.

Kegiatan sharing/coaching inovasi ini telah dilakukan di beberapa perangkat daerah mulai dari Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Tenayan Raya, Kecamatan Marpoyan Damai, Bappeda, Bapenda, Diskop dan UKM, DLHK, Dinas PUPR, Dinas Pertanahan, Dinas Perkim, Kecamatan Rumbai, Rumbai Barat dan Rumbai Timur, Disdukcapil, Kecamatan Kulim.

Lanjutnya, pada hari Senin depan akan dilaksanakan di Dinas Perhubungan. Tidak menutup kemungkinan menyusul perangkat daerah yang lain serta instansi/lembaga yang ada di Kota Pekanbaru juga akan dikunjungi oleh layanan ini.

"Pada kunjungan ke beberapa perangkat daerah kali ini dimaksudkan juga untuk sosialisasi Perda Nomor 3 Tahun 2021 tentang Inovasi Daerah dimana Perda tersebut mengatur mekanisme Penyelenggaraan Inovasi Daerah di Kota Pekanbaru," jelasnya.

Pada tahun 2020, hasil penyusunan Indeks Inovasi Daerah, Kota Pekanbaru berhasil meraih peringkat ke-5 sebagai kota Terinovatif untuk cluster kota seluruh Indonesia. (TIMNewsBPP)

BPP Pekanbaru