SERASI
Sistem Informasi Persuratan Terintegrasi (SERASI)Dengan Perkembangan teknologi informasi, komunikasi dan internet telah menjadi media untuk berinovasi pada sistem pemerintahan dengan model yang terbaru, teknologi informasi dan internet mendorong perubahan paragdima birokrasi tradisional, menuju e-goverment (yang menekankan pada jaringan terkoordinasi, kerja sama dan integrasi). Oleh karena itu dalam mewujudkan Kota Pekanbaru menuku Smart City Madani maka TI menjadi salah satu elemen utama dalam manajerial pemerintahan yang lebih baik lagi.
Kepemerintahan yang baik (good governance), telah menjadi wacana yang paling
mengemuka dalam pengelolaan administrasi pemerintahan sekarang ini. Hal
tersebut sejalan dengan tuntutan akan modernisasi administrasi pemerintahan
guna mempercepat dan mempermudah penyelesaian dokumen dan surat dinas instansi
pemerintah. Teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung tugas pokok
dan fungsi belum dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan efisiensi dan
efektivitas termasuk menunjang administrasi perkantoran.
Untuk dapat menjalankan
tugas-tugasnya dengan baik, maka setiap instansi pemerintah pusat dan daerah
sudah seharusnya didukung oleh sistem administrasi yang memadai karena
kesempurnaan dan kelengkapan sistem administrasi merupakan salah satu kebutuhan
yang penting di setiap organisasi atau instansi pemerintah. Dengan mengubah
sistem manual ke sistem komputerisasi dalam era teknologi informasi,
penyelesaian dokumen dan
surat-surat dinas pemerintah sudah merupakan keharusan dalam upaya untuk
melakukan reformasi birokrasi dan untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik
(good governance). Salah satu diantaranya adalah dengan melaksanakan
implementasi aplikasi tata naskah digital. di lingkungan instansi pemerintah
untuk mendukung program sistem pemerintahan berbasis elektronik – SPBE.
Dengan adanya aplikasi E-Office, instansi diharapkan dapat melaksanakan
kegiatan administrasinya dengan lebih mudah, cepat, transparan, tertib,
terpadu, produktif, akurat, aman, dan efisien.
